pmd

pmd

Feature Top (Full Width)

Monday 6 January 2014

Persiapan Memasang Kabel LAN

Hari ini saya barusan menyeting jaringan komputer salah satu klien di Cikarang Barat, jadi inget mau nulis di blog, semoga bermanfaat buat yang membacanya...

Pertama-tama, tentu kita harus menyiapkan kabel LAN nya, dan tentu saja harus ada komputernya dong.. Selain kabel ada konektor RJ45 dan switch hub yang menghubungkan komputer satu dan lainnya. Kabel yang digunakan adalah kabel UTP. Memilih kabel UTP yang bagus dan murah tidaklah mudah, karena ciri-ciri kabel yang bagus ditemukan pada kabel yang mahal seperti pepatah jawa "ono rego ono rupo".


Kabel UTP
Adapun ciri-ciri kabel yang bagus antara lain :
  • fleksibel, dengan plastik pelindung yang ulet dan tidak mudah robek 
  • inti kabel yang terbuat dari tembaga asli, perhatikan jangan sampai membeli merk KW atau tiruan, karena akan berpengaruh pada transmisi data ke depannya
  • tentunya memilih merk yang populer dengan kualitas tidak diragukan seperti yang saya gunakan merk belden asli.
Selain kualitas kabel, yang tak kalah penting adalah konektor yang digunakan. Konektor yang bagus dan banyak digunakan adalah Merk AMP.
Konektor RJ45
Untuk Switch Hub bisa menggunakan merk TP-LINK, dengan harga terjangkau, banyak di pasaran, kualitas tidak meragukan.
Switch HUB TPLINK
Oh ya, ada lagi alat yang digunakan untuk menyambung konektor RJ45 ke kabel UTP, namanya Crimping Tool. Crimping yang saya gunakan seperti gambar di bawah, lumayan awet dah bertahun-tahun saya pakai ampe karatan, hehehehe..
 
Crimping Tool


Bagaimana cara memasang kabel UTP ke konektor RJ45? Pentingkah urutan warna kabelnya? Di artikel berikutnya ya..

No comments:

Post a Comment