pmd

pmd

Feature Top (Full Width)

Tuesday 7 January 2014

Menyambung Kabel LAN ke RJ45

Melanjutkan artikel sebelumnya tentang kabel LAN. Sekarang kita akan menyambungkan kabel LAN (UTP) ke konektor RJ45. Kabel UTP atau Unshielded Twisted Pair adalah jenis kabel ysng tersusun atas lilitan inti kabel dengan tujuan untuk mengurangi interferensi yang terjadi. Kabel ini dapat terdiri dari satu pasang, dua atau empat pasang kabel yang saling terpilin satu sama lain. Kabel UTP untuk LAN terdiri dari 4 pasang dengan 8 inti kabel yang memiliki warna yang berbeda-beda. Fungsi setiap inti kabel juga berbeda, jadi urutan warna kabelnya jangan sembarangan dalam menyambungkan ke konektor RJ45. Bila beli kabelnya eceran misal cuman 4 meter atau 20 meter di toko komputer, biasanya ama penjual ditawarin sekalian pasang konektornya, dan memasangnya suka asal yang penting nyambung dan warnanya berurutan. Oke, lebih baik kita pasang sendiri dengan ilmu yang benar karena urutan warna kabel sangat berpengaruh pada transmisi data.

Berikut warna-warna kabel LAN dan fungsinya:
  • Kabel orange, putih orange, hijau dan putih hijau, memiliki fungsi sebagai media penghantar paket data
  • Kabel biru dan putih biru memiliki fungsi sebagai media penghantar paket suara
  • Kabel coklat dan putih coklat memiliki fungsi untuk menghantarkan tegangan DC.
Dalam pemasangan kabel LAN terdapat dua cara instalasi yaitu dengan metoda cross (silang) dan straight (lurus). Metoda cross untuk menghubungkan dua computer secara langsung atau 2 swicth hub secara langsung, sedangkan metoda straight untuk menghubungkan dua kompuer atau lebih melalui perantara switch hub.
Metode Koneksi
Berikut urutan warna untuk straight dan cross :
Straight (Lurus)

Cross (Silang)

Posisi pin 1 RJ45
Perbedaan susunan urutan warna antara kabel cross dan straight hanya terletak pada kabel 1 dan 3, dan 2 dan 6.

Cara Crimping Kabel UTP ke RJ-45 :
  1. Kupas kulit kabel selebar 2 cm. Tang crimping yang saya gunakan sudah ada pengupasnya.
  2. Susun rapi delapan kabel yang terdapat didalam sesuai dengan gambar dan penjelasan diatas.
  3. Luruskan kabel yang masih kusut.
  4. Ratakan ujung kabel dengan memotong nya menggunakan tang crimping.
  5. Setelah yakin urutan warna benar dan ujung kabel sudah rata, masukan kabel kedalam konektor RJ-45 , pastikan ujung kabel menyentuh ujung RJ-45, dan jepitlah menggunakan Tang Crimping.
  6. Setelah menyelesaikan kedua ujung kabel, kabel LAN siap menghubungkan jaringan komputer
Kabel LAN ke RJ45

Crimping RJ45
Semoga bermanfaat, bagaimana setting di komputernya. Komputer sekarang mah dah gede, udah bisa mandi sendiri.. xixixi, eh itu mah ponakanku yang dah gede, maksudnya komputer sekarang dah pinter bisa otomatis nyetting sendiri. Hampir semua komputer baru, baik pc atau laptop, baik rakitan atau pabrikan sudah ada LAN cardnya. Tinggal colok, nyambung deh... Untuk setting manualnya seperti sharing, tcp, ip,  firewall, pop3, dhcp, network id dan lain-lain bisa dicari di mbah gugel.. hehehe..  atau kalo bingung panggil aku aja, siap membantu. 

1 comment: